9 Fakta Unik Popcorn



Ada sebuah hari dimana biji jagung didedikasikan secara resmi. Ya, setiap tanggal 19 Januari menjadi peringatan dari National Popcorn Day atau Hari Popcorn Sedunia. Tidak hanya dinikmati sebagai teman menonton film di bioskop, kehadiran popcorn juga semakin populer dengan berbagai macam rasa. Di Amerika, perayaan hari popcorn sedunia sangat istimewa mengingat popcorn menjadi salah satu camilan favorit masyarakat di sana.

1. Popcorn tertua pernah ditemukan di sebuah gua kelelawar di Meskiko pada tahun 1948. Hal tersebut diyakini telah ada lebih dari 5.000 tahun yang lalu.

2. Suku Aztec menggunakan popcorn selama upacara. Beberapa wanita muda akan menarikan tarian popcorn lengkap dengan karangan bunga popcorn di atas kepala mereka. Selain menggunakan popcorn sebagai hiasan di kepala, wanita-wanita di suku tersebut juga menggunakan popcorn sebagai kalung dan ornamen pada patung Tuhan mereka.

3. Biji jagung yang tidak meletup menjadi popcorn disebut dengan istilah perawan tua.

4. Di Peru, popcorn telah ada sejak 4700 SM (sebelum masehi). Hal tersebut membuat popcorn menjadi salah satu bentuk tertua dari jagung.

5. Suku Indian Amerika percaya bahwa terdapat roh-roh yang hidup di dalam setiap kernel popcorn. Menurut suku Indian, ketika biji jagung dipanaskan roh-roh akan marah mengetahui rumah mereka mulai goyang. Ketika sudah terlalu panas, roh akan sangat marah hingga meledaklah rumah mereka.

6. Biji jagung dapat berubah menjadi popcorn saat berada 3 kaki di udara.

7. Hampir di setiap belahan negara menyukai ras popcorn yang manis, dengan pertumbuhan penjualan sebesar 70% per tahun.

8. Muncul popcorn dalam dua bentuk dasar yakni kupu-kupu dan jamur yang diproduksi oleh perusahaan Tyrrells poshcorn.

9. Secara ilmiah, popcorn dikenal dengan nama Zea mays everta.

Terima kasih sudah membaca.

Comments

Popular posts from this blog

13 Fakta Unik Pinguin

10 Fakta Unik Matematika

60 Fakta Unik Hewan