6 Fakta Unik Teddy bear

Siapa tak kenal Teddy Bear? Boneka legendaris yang telah mendunia ini semakin populer di Indonesia beberapa waktu terakhir. Teddy bear disukai karena dianggap memberi rasa aman dan dapat menyimbolkan rasa kasih sayang. Tidak sedikit negara yang berlomba – lomba untuk membuat museum Teddy Bear dan dijadikan objek wisata. Berikut beberapa fakta dibalik si legendaris Teddy Bear yang membuatnya tidak dapat disamakan dengan boneka lainnya:

1. Berasal dari Nama Presiden Amerika Serikat

Theodore Roosevelt
Boneka ini memiliki filosofi yang sangat menarik dalam pemberian nama. Nama Teddy Bear ternyata diadopsi dari nama Presiden Amerika Serikat ke 26, Theodore Roosefelt. Singkat cerita pada masa Thoedore Roosevelt atau yang akrab dipangil Teddy ini menjabat sebagai Presiden, terdapat satu momen mengharukan.
Dimana pada masa itu dalam ajakan berburu bersama Gubernur Missisipi, beliau tidak berhasil menembak satupun binatang. Staff kepresidenan berinisiatif menangkap seekor beruang dan diikat pada pohon untuk ditembak oleh sang presiden. Namun sang presiden menolak tawaran tersebut dengan alasan tidak tega melihat beruang tersebut dalam kondisi tidak berdaya.
Peristiwa ini diangkat sebagai berita oleh banyak media internasional yang dikemas dalam bentuk karikatur. Pemberitaan tersebut membuat salah satu produsen boneka terinspirasi membuat boneka beruang yang kemudian diberi nama Teddy Bear.

2. Melekat Pada Satuan Kepolisisan Amerika Serikat


Boneka legendaris ini melekat pada satuan kepolisian Amerika Serikat dalam menanggulangi kondisi darurat yang menimpa anak di bawah umur. Teddy Bear dijadikan objek pengalih perhatian anak agar terhindar dari tekanan dan meminimalisir kemungkinan terbentuknya trauma.

3. Tidak Mengenal Gender dan Umur

bahkan Aburizal Bakrie pun suka Teddy Bear!
Boneka menggemaskan yang sudah mendunia ini terbukti disukai hampir seluruh kalangan. Bukan hanya anak, remaja, atau wanita, namun bahkan pria dewasa pun banyak yang turut gemas melihat ekspresi wajah Teddy Bear, Konon, wajah boneka ini seakan minta dipeluk.

4. Hadiah Terpopuler saat Valentine dan Natal


Sosok yang dianggap menyimbolkan kasih sayang membuat Teddy Bear menjadi hadiah terpopuler di beberapa negara pada saat valentine dan natal tiba.

5. Mempengaruhi Kondisi Psikis Manusia

suka mengoleksi teddy bear?
Terdapat istilah arctophile dalam dunia psikologi. Istilah ini merujuk pada seseorang yang memiliki kegemaran mengoleksi Teddy Bear.

6. Menyimbolkan Kasih Sayang

Kasih sayang seekor Teddy Bear <3
Badannya yang gemuk dengan wajah menggemaskan membuat Teddy Bear sangat nyaman dipeluk dan seakan dapat menenangkan orang yang memeluknya. Bukan hanya sebagai hadiah dalam momen kasih sayang, pada tahun 1912 salah satu produsen Teddy Bear di Jerman juga memberikan Teddy Bear berwarna hitam kepada keluarga korban tenggelamnya kapal Titanic.

Demikianlah enam fakna menarik dari Teddy Bear. Dari keenam fakta tersebut maka sudah tidak heran lagi mengapa Teddy Bear memiliki posisi tersendiri dalam kategori boneka ataupun mainan anak. Baik dari sejarah, filosofi pemberian nama hingga beberapa fakta lainnya membuat Teddy Bear begitu legendaris dan dicintai berbagai kalangan.

Terima kasih sudah membaca.

Comments

Popular posts from this blog

13 Fakta Unik Pinguin

10 Fakta Unik Matematika

60 Fakta Unik Hewan