13 Fakta Unik Sabun



Sabun sudah menjadi bagian penting dari kebersihan. Dapatkan Anda bayangkan hidup Anda tanpa sabun? Tentu saja tidak bukan. Berikut adalah fakta menarik tentang sabun yang Anda harus ketahui:

1.  Sabun pertamakali ditemukan di Gunung Sapo. Gunung Sapo adalah tempat dimana penduduk asli melakukan acara korban menggunakan binatang.

2.  Terdapat 3 macam proses pembuatan sabun, yaitu proses panas, proses dingin dan proses pelelehan. Proses pelelehan sabun juga sering disebut proses meleleh dan menuang. Setiap proses melibatkan berbagai macam sabun didalamnya.

3.  Proses pembuatan sabun dinamakan saponification atau proses saponifikasi. Proses ini melibatkan minyak tumbuhan dan lemak yang dicampurkan dengan bahan dasar. Proses pencampuran ini akan menghasilkan bentuk garam.

4.  Terdapat perbedaan dari sabun buatan rumah dengan sabun buatan industri. Sabun buatan industri menggunakan minyak dari binatang sedangkan sabun dari rumahan terbuat dari bahan alami dan juga gliserin. Sabun yang diproduksi oleh rumahan biasanya lebih ramah untuk kulit dibanding sabun dari industri.

5.  Apakah Anda tahu mengapa ada beberapa sabun yang lebih awet daripada sabun yang lain? Itu karena beberapa sabun memiliki kandungan sulfat atau sulfit. Jika sabun biasa memiliki kandungan sulfat, maka sabun yang bertahan lama memiliki kandungat sulfat lebih banyak lagi.

6.  Sabun tersedia dalam berbagai macam bentuk yang dapat digunakan sehari-hari, misalnya dalam bentuk gel, cair, krim dan batang.

7.  Mengapa sabun menyebabkan perih di mata? Karena sabun mengandung 2 bahan kimia yang dapat menimbulkan sensasi terbakar pada mata, yaitu lye dan beberapa molekul lemak.

8.  Gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Inilah alasannya mengapa banyak orang menggunakan sabun yang ringan untuk kulit berminyak dan sensitif.

9.  Sabun pertama kali digunakan pada indutri tekstil, kemudian industri obat-obatan mulai menggunakannya. Saat ini sabun sudah diterima disemua lapisan masyarakat.

10.  Sabun gliserin lebih sering digunakan untuk kebutuhan mandi. Tetapi nama sabun itu sendiri dibuat berdasarkan proses menggunakan alkohol untuk tujuan klarifikasi. Kemudian lebih dikenal dengan nama gliserin.

11.  Sabun biasa sebenarnya cukup ampuh untuk membunuh bakteri dan virus. Kemampuan sabun antibakteri yang dapat membunuh lebih banyak bakteri hanyalah mitos.

12.  Sabun yang dipergunakan untuk cuci tangan dimaksudkan untuk membunuh virus penyebab flu. Gunakan sabun tersebut secara teratur untuk tindakan pencegahan flu.

13.  Sabun batang yang ada saat ini sebenarnya merupakan bentuk sintetis dari detergen. Jadi berhati-hatilah saat menggunakan sabun jenis tersebut.

Terima kasih sudah membaca.

Comments

Popular posts from this blog

13 Fakta Unik Pinguin

10 Fakta Unik Matematika

60 Fakta Unik Hewan