10 Fakta Unik Kumis

13 Fakta Menarik tentang Kumis  

Bagi kaum Adam, kumis bisa jadi merupakan sesuatu yang sangat diinginkan. Namun sebagian pria juga beranggapan tidak terlalu menginginkan. Namun suka atau tidak suka, rambut yang satu ini akan selalu muncul.

Allan Peterkin mengungkapkan fakta menarik mengenai kumis dalam bukunya, One Thousand Mustaches: A Cultural History of the Mo. Buku ini mengulas beberapa hal yang tidak diketahui tentang kumis sebagai berikut:

1. Punya banyak julukan. Sebagian besar menghubungkannya untuk menahan makanan dan minuman atau menghubungkannya dengan seks seperti Tongkat bulu; Bro-stache; Kain lap; Penangkap remah; Renda wajah; Rumput nyengir; Bayangan bibir; Manometer; Alis mulut; Kutukan; Penggelitik; Saringan teh; Lipholstery atas; Berewok; Sayap.

2. Bersifat Magnetis
Rata-rata pria berkumis menyentuh kumisnya 760 kali per hari.

3. Semakin lebat, semakin mahal
Polisi di kota-kota besar India tak jarang mendapat bonus jika mereka menumbuhkan kumis karena kumis dianggap sebagai simbol kejantanan dan kekuasaan.

4. Kumis Fu Manchu
Rambut manusia rata-rata tumbuh dengan panjang 0,014 inci per hari, atau sekitar 5 atau 6 inci per tahun. Jadi, seorang pria bisa memiliki kumis yang sangat panjang seperti tokoh fiksi kriminal Fu Manchu.

5. Menjadi ikon
Ikon kumis, Burt Reynolds memiliki hampir 4.000 penggemar di Facebook.

6. Musiman
Kumis merupakan rambut yang tumbuh lebih cepat dibandingkan rambut di bagian tubuh lainnya. Akan semakin tumbuh cepat di musim semi dan musim panas daripada di musim gugur dan musim dingin.

7. Menyembunyikan sesuatu
Pada tahun 1967, The Beatles mengenakan kumis di sampul album mereka yang kedelapan, Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band. Ternyata hal itu merupakan respon pragmatis untuk menyembunyikan bibir bengkak Paul McCartney akibat jatuh dari sepeda motor tahun 1966.

8. Pelamar yang baik
Dalam jajak pendapat 2008 di surat kabar Inggris, The Guardian, 61 persen responden berpendapat bahwa kumis untuk menjadikan seorang pria lebih sopan dan menyenangkan, sementara 39 persen percaya bahwa hanya orang-orang bodoh dan jahat yang memiliki kumis.

9. Penyerap yang baik
Kumis mampu menyerap 20 persen dari beratnya sendiri dalam bentuk cairan.

10. Memiliki daya pengaruh
Martin Luther King, Jr dikenang sebagai salah satu orang Amerika berkumis paling berpengaruh dalam sejarah sebagaimana dikemukakan American Mustache Institute.

11. Waktu cukur
Sembilan puluh persen pria mencukur sekali sehari. Mencukur akan menghabiskan total lima bulan hidup seorang pria jika ia mulai mencukur di usia 14 tahun.

12. Kelenjar yang sangat banyak
Rata-rata pria memiliki sekitar lima juta kelenjar kumis. Atau, kira-kira tiga kali lebih sama banyaknya dengan gorila, tapi masih kurang dari simpanse.

13. Mesin pencetak uang
Kumis mendorong lahirnya alat cukur dan pisau yang menghasilkan industry dengan nilai US$ 1,1 miliar. Namun, menjaga kumis tetap panjang bisa membantu imej dan daya ‘jual pria. Seniman Spanyol, Salvador Dali mencintai kumisnya yang luar biasa dan mengaku bahwa kumisnya bak dua penjaga yang berdiri tegak menjaga pintu masuk ke dirinya yang sebenarnya.

Terima kasih sudah membaca.

Comments

Popular posts from this blog

13 Fakta Unik Pinguin

10 Fakta Unik Matematika

60 Fakta Unik Hewan