9 Fakta Unik Anjing



  1. Anjing udah jadi hewan peliharaan sejak 10.000 tahun yang lalu. Penelitian menunjukkan kalo seekor anjing udah menjadi sahabat manusia sejak jaman manusia kuno. Kebanyakan, manusia jaman dahulu memanfaatkan indera penciuman anjing untuk melacak hasil buruan mereka. Oleh karena itu, anjing sangat bermanfaat buat para manusia purba yang dulu mengandalkan berburu sebagai pencarian sumber makanan.

  1. Di dunia ini, ada sekitar 200 ras anjing yang berbeda-beda. Ras anjing biasa digolongkan dari ukuran tubuh, panjang bulu, serta jenis bulu yang dimiliki seekor anjing. Anjing terbesar di antara semua ras anjing, paling tidak dalam hal berat badan, adalah Irish Wolfhound. Hampir semua ras anjing, kecuali 2 jenis, memiliki lidah yang berwarna pink. Dua jenis yang merupakan pengecualian adalah Chow Chow dan Shar-pei, keduanya dengan lidah yang berwarna hitam. Anjing ras Basenji adalah satu-satunya anjing yang nggak menggonggong / menyalak di dunia.

  1. Potongan rambut anjing Poodle awalnya dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan berenang anjing itu sebagai anjing berburu, dengan pom-pom (gumpalan bulu) pada tempat-tempat tertentu untuk menghangatkan persendian mereka.

  1. Anjing jenis Greyhound merupakan jenis anjing yang memiliki kecepatan luar biasa. Anjing jenis ini bisa mencapai kecepatan 45 mil/jam (sekitar 72 km/jam) dalam waktu singkat.

  1. Apakah kamu pernah melihat seekor anjing melingkar dengan ekornya menutupi hidungnya? Mereka melakukan itu untuk menjaga hidungnya tetap hangat saat cuaca dingin. Hidung anjing juga bisa digunakan untuk mendeteksi kesehatan anjing tersebut. Bila anjing memiliki hidung lembab, maka bisa dipastikan kalo anjing tersebut dalam keadaan sehat. Sebaliknya, bila hidung anjing tersebut sangat basah atau sangat kering, bisa dipastikan kalo anjing tersebut sedang sakit.

  1. Laika, seekor anjing betina, adalah astronot luar angkasa pertama di dunia. Dia dikirim ke luar angkasa di dalam satelit bumi buatan di tahun 1957 oleh pemerintah Rusia.

  1. Korban-korban peristiwa Titanic yang bertahan hidup termasuk 2 ekor anjing, yaitu seekor Pekingese milik Henry Sleeper Harper dan seekor Pomeranian milik Miss Margaret Hays.

  1. Jenis anjing tertua yang merupakan asli Amerika Utara adalah Chihuahua.

  1. Pernyataan bahwa satu tahun penuh dalam hidup anjing sama dengan 7 tahun dalam hidup manusia, tidak sepenuhnya benar. Sebuah perhitungan yang lebih akurat adalah satu tahun seekor anjing sama dengan 16 tahun manusia; 2 tahun anjing sama dengan 24 tahun manusia; 3 tahun anjing sama dengan 30 tahun manusia; dan untuk setiap tahun berikutnya setelah itu, tambahkan 4 tahun manusia.

Terima kasih sudah membaca.

Comments

Popular posts from this blog

10 Fakta Unik Matematika

13 Fakta Unik Pinguin

60 Fakta Unik Hewan