17 Fakta Unik Garam




Sejak zaman dahulu kala semua orang akan tahu kalau garam itu pasti rasanya ASIN, tapi di samping rasa garam yang asin tahukan anda bahwa ada 17 fakta tentang garam, adalah sebagai brikut :

1. Garam menambah rasa lezat pada makanan, karena kalo tanpa garam makanan pasti akan terasa tawar, dan mengurangi nikmatnya waktu kita makan.

2. Di gunakan sebagai penggosok, tuangkan sedikit garam pada bagian yang kotor , permukaan meja dapur , misalnya penggosok keramik yang terkena tumpahan cat,atau oli.
Taburkan garam pada permukaan yang kotor dan ambillah waslap atau tisyu gosoklah secara perlahan smpai nodanya hilang.


17 fakta tentang garam
17 fakta tentang garam


3. Untuk mengusir semut, bunda biasanya kalau musim hujan banyak semut yang bergerombol membuat sarang di sekitar rumah atau dekat pot-pot bunga ,jangan bingung sista  ambil garam taburkan di sarang semut tersbut tunggu beberapa saat pasti semut akan pergi.

4. Kalau ibu banyak menyimpan beras , ibu takut akan lengket maka tuangkan sedikit garam pada beras atau dalam wadah beras anda,pasti beras akan tetap bagus dan awet tanpa merubah rasanya.

5. Untuk menghilangkan bagian yang hitam pada panci atau wajan,  caranya tuangkan garam pada panci atau wajan tambahkan air satu gelas,rebuslah dan biarkan mendidih hingga lebih kurang 15 menit.angkat poanci atau wajan dan biarkan sampai dingin kemudian gosok seperti mencuci panci atau wajan  biasanya.

6. Garam bisa mngawetkan bunga dalam pas, bisanya anak cewek akan malas mengganti bunga dalam pasnya karena cepat layu agar tahan lama inilah  caranya tambahkan sedikit garam pada vas bunga yang telah di isi air agar bunga bisa awet dan segarnya bisa tahan lama

7. Untuk menghilangkan bau bawang,biasa anak anak cewek malas memasak karena bau bawangnya susah hilang dari jari-jarinya, cobalah ambil sedikit garam halus dan tambahkan sedikit air jeruk nipis dan gosokkan pada jari-jari tangan anda yang terkena bau bawang, lalu cuci tangan anda dengan sabun,hasilnya tangan anda akan bebas dari bau bawang.

8. Bisa meredakan rasa nyeri,  misalnya anak bayi anda brusan di tindih telinganya, jangan panik
dulu bunda  ambil garam dan larutkan dlam air lalu kompreskan pada bagian yang sakit .anak bayi kita pasti akan tertidur karena sudah merasa nyaman.

9. Biasanya anak-anak kita yang baru belajar turun kedapur bisa saja anak kita terlalu banyak menuangkankan pencuci piring sehingga gelembung atau busanya terlalau berlebihan, tambahkan saja sedikit garam sehingga gelembungnya akan turun dan normal .

10.Bisa membersihkan gigi,  biasanya bunda selalu mempunyai stok pasta gigi di rumah, nah suatu saat bunda kelupaan membeli pasta gigi sedangkan posisi warung dari rumah bunda lumayan jauh,coba bunda ambil garam dan baking soda dengan takaran satu banding satu, lalu celupkan sikat gigi yang telah di bsahkan terlbih dahulu lalu gosokkan ke gigi, hasilnya gigi akan putih bersih bebasdari bakteri.

11.Untuk membersihkan karpet, bila karpet anda tertumpah minuman saat ada pertemuan keluarga atau saat arisan, bunda coba lakukan  sebagai berikut : tutuplah tumpahan air minuman tadi dengan tysu yang banyak sehingga air tersera pada tisyu  dan jangan lupa tambahkan garam di atas tisyu secukupnya, biarkan hingga mongering dengan sendirinya.
Setelah kering bersihkanlah dengan vacuum cleaner  kemudian bilaslah dengan air bingin,pastikan karpet ataupun tapolak meja anda akan bebas dari bau apek.

12.Bisa juga menghilangkan jamur pada pakaian, biasanya kalau musim hujan tiba cucian atau jemuran tidak bisa langsung kering, sehingga cuvcian menjadi lembab bahkan berjamur.
Untukmenghilangkan jamur tersebut coaba ambil garam lalu tambahkan dengan air citrun rendamkan pakaian yang berjamur beberapa saat, lalu angkat dan cucilah dengan air dingin seperti biasanya.

13.Untuk mencegah bengkak, kalau anda terkena sengatan tawon  biasanya akan bengkak dan perih, untuk mencegah supaya tidak bengkak ataupun perih ,coba kompres dengan air lalu biarkan basah-basah dan tutupilah dengan garam.

14. Membuat pasta menjadi lebih lezat, caranya adalah sebelum anda merebus pastanya bubuhi sedikit garam  dan  akan menambah kelezatan pasta yang anda masak, dan dengan cara itu anda tidak perlu menambahkan garam lagi pada saat pasta sudah matang.

15. Menghilangkan plek hitam pada cangkir kesayangan anda,  cangkir kalau kita pakai untuk menyeduh kopi atau teh biasanya bagian dalamnya akan menjadi kehitaman,
Untuk membersihkannya kembali lakukan sebagai berikut, ambil cangkir dan tuangkankan garam kedalam cangkir dan tambahkan sedikit garam dan air sdikit saja, lalu gosoklah cangkir tadi dengan sepon hingga bersih kembali.

16. Seperti yang kita ketahui kalau garam iru rasanya asin, dan untuk menambah nikmat apa yang kita masak, jangan lupa pula kalau kita merebus kacang tanah atau jagung tambahkanlah sedikit garam , dan kalau anda membuat kueh tambahkan garam  niscaya masakan anda akan terasa lebih lezat dan nikmat.

17. Garam juga bisa menghilangkan noda karat, kamar mandi bunda tentu akan berkurang tampilannya bila keramik atau kranmya berkarat. Cara membersihkannya sebagai berikut;
Coba bunda ambil garam dan tambahkan dengan air jeruk nip[is secukupnya hingga menjadi adonan, dan adonan itulah yang buat menggosok permukaan keramik atau kran yang berkarat.
Hasilnya kamar mandi dan krannya akan mengkilat kembali.

Terima kasih sudah membaca.

Comments

Popular posts from this blog

10 Fakta Unik Matematika

13 Fakta Unik Pinguin

60 Fakta Unik Hewan