15 Fakta Unik Lumba-Lumba



Lumba-lumba adalah salah satu kelompok mamalia air yang paling indah. Kebanyakan spesies lumba-lumba hidup di air laut dan dapat ditemukan di semua lautan di dunia, dan hanya beberapa spesies hidup di air tawar dari Asia dan Amerika Selatan.
Saat ini jumlah lumba-lumba sangat menurun karena penangkapan ikan komersial. Jika hal ini tak segera diatasi, maka dalam waktu dekat spesies lumba-lumba akan segera punah. Maka hewan ini sudah masuk dalam kategori hewan yang dilindungi.
Mengapa lumba-lumba begitu banyak menarik perhatian orang-orang? Berikut fakta yang harus kamu tahu tentang lumba-lumba sampai menjadikan hewan tersebut disukai banyak orang.

1. Suka Membonceng




Lumba-lumba berenang sambil beratraksi ria dan lompat di tengah laut. Begitu sebuah speed boat lewat di sekitar mereka, mereka mengikuti mereka dapat mencapai kecepatan 28 km/jam.
Ketika ada objek berada di sekitar mereka (speed boat) maka kecepatan lumba-lumba dapat bertambah.
Hal ini terjadi karena pada saat mengikuti speed boat, ia membuat gelombang yang menciptakan tekanan air dan membuat arus sehingga lumba-lumba tertarik untuk mengikuti arus tanpa mengeluarkan energi mereka.
Lumba-lumba hanya membonceng dengan media arus tersebut tanpa berenang dengan tenaga mereka.

2. Gigi Runcing

 
Beberapa jenis lumba-lumba memiliki gigi lebih banyak dan lebih panjang dibanding buaya. Ada jenis lumba-lumba yang memiliki gigi panjang sebanyak 250 buah. Namun lumba-lumba tidak suka menggigit manusia.

3. Kerjasama


Lumba-lumba sangat suka bekerjasama. Mereka lebih suka mencari makan dengan cara berkelompok dengan lumba-lumba lainnya.

4. Nama Panggilan


Lumba-lumba berkomunikasi dengan “peluit” dan menggunakan “nama” untuk mengidentifikasi satu sama lain. Beberapa ilmuwan menduga bahwa lumba-lumba memiliki tanda panggilan khusus dan menggunakan salam khusus ketika berpisah dengan kawannya.

5. Penolong


Ketika induk lumba-lumba hendak melahirkan, seekor lumba-lumba berperan bagaikan dokter, yakni berjaga dan menolong persalinan. Setelah bayi lumba-lumba lahir, sang dokter tersebut membantu mengasuh bayi lumba-lumba.
Lumba-lumba sering berkerumun di sekeliling kapal nelayan sembari berloncatan. Mereka menuntun ikan masuk ke dalam jaring nelayan. Di Brazil, lumba-lumba hidung botol memberi tanda ketika jaring nelayan telah penuh dengan ikan.

6. Hidup di Air Tawar


Sebagian besar species lumba-lumba hidup di laut. Namun ada lima jenis lumba-lumba yang hidup di sungai berair deras. Lumba-lumba air tawar dapat ditemukan di Asia Selatan, sungai Yangtze (China) dan sungai Amazon dan Orinoco (Amerika Selatan).

7. Habitat


Lumba-Lumba bisa hidup lautan mana aja, ada yang hidup di laut tropis, juga ada yang hidup di laut kutub, bahkan lumba-lumba ada juga yang tinggal di sungai, seperti lumba-lumba amazon (Inia geoffrensis).
Lumba-lumba seperti paus pembunuh (Orcinus orca) hidup di lautan seluruh dunia, lautan tropis sampai lautan tundra, baik kutub utara atau kutub selatan.

8. Tingkat Intelijensia Tinggi


Salah satu talenta luar biasa yang dimiliki spesies mamalia laut ini adalah tingkat kecerdasannya yang hampir menyaingi tingkat intelijensia manusia.
Lumba-lumba mampu untuk meniru satu sama lain, memiliki kesadaran diri yang tinggi, serta mampu merespon instruksi-instruksi pelatihan.
Instruksi yang dipahami oleh lumba-lumba pun tak hanya dari pelatihan tatap muka, akan tetapi juga dapat berasal dari sugesti visual dari televisi. Hal ini menunjukkan bahwa lumba-lumba bisa memahami lingkungan sekitarnya, mempelajarinya, dan menghafal dengan cepat.

9. Indera yang Sangat Sensitif


Level sensitivitas pengelihatan, pendengaran, dan sentuhan lumba-lumba sangat jauh berbeda dibandingkan manusia dan mamalia lainnya.
Lumba-lumba mampu melihat jarak jauh dari dalam maupun luar permukaan laut dan pendengaran lumba-lumba sepuluh kali lebih baik daripada manusia pada umumnya.
Lumba-lumba mengeluarkan suara sebagai media mereka untuk “melihat”. mereka mengeluarkan suara lalu menggunakan pantulannya untuk mencari makanan dan navigasi. Saat mengeluarkan suara tersebut ikan dibuat bingung.
Selain itu, indra peraba pun sangat berkembang dan mereka menggunakannya untuk terikat satu dengan yang lain.

10. Pengindraan Impuls Listrik


Hal ini memang terdengar asing, namun ini adalah kemampuan lumba-lumba yang sungguh menakjubkan.
Kelebihan ini memudahkan mereka untuk menemukan mangsa terutama di dalam air keruh karena mereka dapat merasakan impuls listrik dari makhluk lainnya.
Kemampuan ini dikenal pula dengan sebutan “electroreception.” Mungkin hal ini membuatmu tercengang namun kenyataanya, ketika lokasi perairan kurang mendukung untuk berburu, lumba-lumba mengandalkan “electroreception” untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

11. Perenang Handal


Jika kamu tertarik dengan keunikan lumba-lumba yang bersifat fisiologis, fakta berikut adalah yang paling tepat untuk diperhatikan.
Tidak hanya memiliki kulit yang kuat menahan dorongan 300-400 pon dengan kecepatan tinggi di dalam air, tetapi lumba-lumba juga mampu mengkonversi sekitar 80% dari daya kekuatan tersebut untuk menjadi tenaga dan kecepatan berenang di dalam laut.
Kemampuan lumba-lumba berikut telah menandingi lima kali energi perenang terkuat di dunia.

12. Perkembangan Fisik


Ukuran lumba-lumba kecil pun bisa mencapai berat 90 kilogram dan memiliki panjang tubuh sekitar 4 meter.
Beberapa dari spesies mereka mencapai 30 kaki dan beratnya sekitar 11 ton. Spesies lumba-lumba memang beragam dan tidak banyak yang memiliki dimensi ukuran sebesar itu.
Akan tetapi, lokasi perairan dan sifat-sifat tertentu dari lingkungan habitat turut menjadi peran utama yang mempengaruhi perkembangan fisik lumba-lumba.

13. Ramah


Lumba-lumba hidup dalam komunitas yang mampu mencapai 1000 ekor dan berkomunikasi aktif satu dengan yang lain.
Mereka memiliki jenis budaya, kemampuan emosi dasar berkomunikasi, dan konsep berpikir untuk belajar dan terlibat satu sama lain. Sehingga masing-masing lumba-lumba memiliki keharmonisan dalam berkomunikasi dan keramah-tamahan.

14. Pemulihan Cepat


Mereka juga memilki kemampuan pemulihan yang sangat cepat dan dapat menumbuhkan kembali daging yang terpotong. Selain itu, lumba-lumba pun mampu berenang di dalam air laut di saat luka infeksi tanpa rasa sakit.

15. Penyayang dan Rela Berkorban


Layaknya manusia, hewan ini memiliki sikap afeksi berupa kasih sayang terhadap makhluk lainnya. Lumba-lumba dapat mempertaruhkan nyawanya sendiri demi menyelamatkan kawannya ataupun spesies lain.

Terima kasih sudah membaca.

Comments

Popular posts from this blog

10 Fakta Unik Matematika

13 Fakta Unik Pinguin

60 Fakta Unik Hewan