12 Fakta Unik Buaya



Berikut ini adalah fakta mengenai buaya..

1. Buaya merupakan hewan reptil yang yang mempunyai bentuk fisik mirip dengan cicak raksasa.

2. Ekor buaya bertindak sebagai dayung ketika berenang, sehingga membantu bergerak cepat di dalam air.

3. Selain sangat cepat bergerak dalam air, buaya juga mampu berjalan di darat dengan kecepatan sekitar 28 mil/jam atau sekitar 45 km/jam.

4. Buaya tidak bisa berkeringat karena tidak mempunyai kelenjar keringat, buaya mengeluarkan panas tubuhnya melalui mulut dengan cara menguap.

5. Jika dalam bahaya, induk buaya mempertahankan anaknya dengan memasukkan anaknya ke dalam mulut. Bukan untuk dimakan, tapi supaya anaknya aman dari bahaya tersebut. Hal serupa  juga dilakukan oleh ikan mujair pada kondisi yang serupa pula.

6. Buaya bisa hidup hingga berumur sampai 60 tahun. Hampir sama dengan manusia modern.

7. Lidah milik buaya menempel pada mulut dan buaya tidak dapat menggerakkanya bebas seperti reptil yang lain, ular misalnya.

8. Buaya mempunyai 4 bilik dalam jantungnya, sama seperti manusia.

9. Buaya ternyata menangis. Buaya menangis ketika makan namun atas alasan fisiologis bukan karena ia sedih . Ada banyak literatur umum yang menjelaskan mengenai buaya makan dan menangis, teorinya adalah udara terdorong melewati sinus dan dapat bercampur dengan air mata dalam lacrimal buaya, atau kelenjaran air mata yang menjadi kosong dan airnya tumpah lewat mata.

10. Buaya kawin satu kali seumur hidupnya dengan pasangan yang sama.

11. Buaya terbesar yang pernah ditemukan adalah buaya jenis saltwater atau air asin dengan ukuran panjang mencapai 6.5 meter.

12. Sedangkan buaya terpendek yang sudah maksimal pertumbuhannya adalah buaya jenis Caviers Dwarf Carma yang hanya memiliki panjang sekitar 1.5 meter.

Terima kasih sudah membaca.

Comments

Popular posts from this blog

10 Fakta Unik Matematika

13 Fakta Unik Pinguin

60 Fakta Unik Hewan