5 Fakta Unik Emosi



Emosi adalah perasaan yang ditunjukkan kepada seseorang ataupun sesuatu. Emosi itu adalah reaksi yang terjadi dikarenakan suatu situasi. Banyak orang yang gak bisa mengontrol emosi dalam dirinya, kita cenderung salah memahami emosi. Kita lebih sering memilih cara yang salah dalam mengendalikan emosi dalam diri kita.

Bagaimana kita mempelajari emosi itu sendiri jika kita saja tidak dapat mengendalikannya? Ini adalah hal yang menarik untuk dibahas. Namun sebelum itu simaklah ulasan berikut ini, kali ini kita akan belajar sedikit tentang konsep dan fakta tentang emosi itu sendiri yang dipaparkan oleh seorang psikolog, Shahram Heshmat Ph.D, langsung saja ya sob. Semoga bermanfaat!

1. Kita memang tidak bisa mengendalikan emosi

Fakta nya adalah menurut sisi psikologis, kita tidak dapat mengendalikan emosi secara keseluruhan. Sebab sebenarnya emosi adalah bentuk penilaian kita terhadap suatu peristiwa yang sedang terjadi saat itu. Intensitas emosi sendiri tergantung terhadap penilaian kita sendiri. Contoh sederhananya, ada orang yang bisa menangis terisak-isak sehabis menonton film korea, ada pula yang biasa saja. Nah itulah mengapa emosi sangat bergantung pada penilaian kita. Tergantung pada pemikiran kita masing-masing.

2. Emosi adalah hasil dari kebiasaan

Hal yang gak kita sadari adalah kita lah yang membentuk pola emosi diri kita sendiri. Lingkungan juga ikut mempengaruhi namun, pola perilaku kita lah yang mengambil peran besar. Kita bisa saja menjadi pribadi yang mudah marah, hal itu terbentuk karena kebiasaan diri kita untuk marah. Begitu pula dengan contoh yang lain, seperti galau misalnya. Kamu menjadi mudah galau karena kamu terbentuk menjadi pribadi yang mudah galau. Jadi semua itu balik lagi pada kebiasaan kita sob. Kebiasaan membentuk emosi kita.

3. Emosi bisa sementara bisa selamanya

Emosi pada dasarnya sangat memiliki sangkut paut dengan waktu atau durasi lebih tepatnya. Kamu mungkin bisa merasa marah besar terhadap suatu peristiwa, namun dalam beberapa menit, segala emosi bisa langsung mereda dan kamu akan menjadi biasa lagi. Itu adalah contoh emosi yang terjadi sementara saja. Namun bahayanya bagaimana jika kita terjebak dalam emosi, selamanya. Contohnya seperti orang yang patah hati lalu memutuskan bunuh diri. Itu adalah contoh negatif dari emosi itu sendiri.

4. Kamu tidak bisa menyembunyikan suasana hati

Satu hal yang harus kamu ketahui dari emosi adalah kamu tidak bisa menyembunyikannya. Emosi sangat mudah dilihat dari raut wajah. Jika kamu sedang sedih, maka orang disekitar mu akan dengan mudah melihatnya meskipun kamu telah berupaya untuk menyembunyikannya. Tubuh sangat berkaitan dengan emosi kita sob. Jadi, jika kamu ingin tubuh kamu sehat maka kamu harus memperbaiki suasana hati terlebih dahulu.

5. Setiap orang punya cara tersendiri dalam menunjukkan emosi

Uniknya adalah setiap orang punya cara tersendiri dalam menunjukkan emosi mereka. Kamu dan temanmu pasti punya ekspresi yang berbeda ketika marah atau pun sedih. Sebab telah dijelaskan sebelumnya bahwa fakta menjelaskan bahwa emosi itu adalah produk dari kebiasaan dan bergantung pada penilaian masing-masing.

Terima kasih sudah membaca.

Comments

Popular posts from this blog

13 Fakta Unik Pinguin

10 Fakta Unik Matematika

60 Fakta Unik Hewan