7 Fakta Personil BTS



BTS (방탄소년단) adalah boy group yang berada dibawah naungan Big Hit Entertainment. Kamu bisa memanggil mereka BTS, Bangtan Sonyeondan, atau Bangtan Boys. Tapi, belum lama ini BTS melakukan rebranding dengan menambahkan English official name juga, yaitu Beyond The Scene. BTS terdiri dari tujuh orang anggota, yaitu RM (Rapmon), Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. BTS debut pada tanggal 13 Juni 2013 dengan lagu “No More Dream” dalam album “2 Cool 4 Skool.” Kali ini author bakal fokus sama membernya. Berikut adalah tujuh fakta Personil BTS yang telah author siapkan untuk kamu para A.R.M.Y, baik yang sudah veteran maupun yang masih fetus.

  1. Fakta RM
    Nama asli RM adalah Kim Namjoon (김남준). Walaupun RM bukan yang tertua di grup, dia mendapat kepercayaan untuk menjadi leader BTS. Kalau kamu bingung dengan name stage Namjoon yang sekarang, wajar saja, karena memang belum lama ini Namjoon mengganti nama panggungnya yang dulu yaitu Rap Monster menjadi RM. Kata Namjoon, RM merupakan singkatan dari real me. Selain menjadi leader, RM juga memegang posisi main rapper serta penulis dan produser lagu BTS. Terhitung sudah lebih dari 100 lagu yang berhasil RM komersilkan selama karirnya.

    RM lahir dan tinggal di Ilsan, Gyeonggi-do. Karena itu, berbeda dengan beberapa member BTS lainnya, dia tidak punya aksen/logat daerah ketika berbicara. Cowok kelahiran 12 September 1994 ini merupakan member yang paling tinggi di BTS, tingginya adalah 181 cm. Di acara Mnet’s Beatles Code 3D, RM mengonfirmasi bahwa dia termasuk 1.3% siswa dengan skor test uji coba terbaik seantero Korea Selatan. Wajar saja, karena tak hanya badannya yang tinggi, IQ-nya RM juga sangat tinggi, yaitu mencapai 148. Tingkat IQ normal adalah mulai dari 91 – 110, sedangkan untuk orang dengan IQ di atas 131 sudah termasuk superior dan jenius. So, bisa kamu bayangkan sepintar apa RM, kan? Walaupun sangat jenius, RM itu agak clumsy. Saking kikuknya RM, dia sering menjatuhkan atau menghancurkan barang yang disentuhnya secara tidak sengaja. Makanya, RM dijuluki “God of Destroyer” alias dewa penghancur.

    Kelakuan kikuknya ini sampai sekarang belum hilang, loh, hihi. RM mungkin terlihat garang, apalagi kalau melihat RM ketika awal-awal debut. Padahal dalam kenyataannya, RM sangat lembut dan ceria, loh. RM itu bisa berbicara dalam bahasa asing, terutama Inggris dan Jepang. Untuk bahasa Inggris, ibu RM memang mengajarkan RM sejak kecil agar terbiasa. RM lalu melanjutkan belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan menonton sitkom Amerika berjudul “Friends.” RM juga pernah mengikuti program pertukaran pelajar ke New Zealand selama 6 bulan. Kini, RM merupakan satu-satunya member BTS yang fasih berbahasa Inggris. Kepiawaian RM dalam berbahasa dan pelajaran memudahkannya dalam membuat musik, karena sumber yang dia dapatkan bisa jadi lebih luas lagi. RM suka menonton film dan membaca buku yang “susah” dan “berat” seperti Demian by Herman Hesse yang ternyata digunakan juga sebagai story line musiknya BTS.

    RM pernah merilis proyek solonya, yaitu mixtape dengan judul album “RM” pada tahun 2015. Kamu bisa menonton video klip mixtape-nya di YouTube BTS. Sekarang BTS semakin terkenal, begitu pula masing-masing membernya. Karena rap RM yang sangat mengagumkan, banyak artis ternama yang ingin berkolaborasi dengannya. Sejauh ini RM sudah melakukan collab dengan Warren G, Wale, Gaeko, Krizz Kaliko, Primary, MFBTY, dan yang terakhir ada Fall Out Boys. Wah, hebat banget, ya, leader kita yang satu ini!
  2. Fakta Jin
    Setelah RM, mari kita bahas member selanjutnya. Ada Jin, yaitu member paling tua di BTS. Nama panggung Jin diambil dari nama aslinya, yaitu Kim Seok Jin (김석진). Posisi Jin di BTS adalah vocalist dan visual. Maksud visual adalah, berarti dia “wajahnya grup” alias yang paling ganteng. Memang, Jin itu ganteng banget. Bahkan setelah penampilan BTS di Amerika beberapa bulan silam, Jin menyandang nama panggilan baru, yaitu Worldwide Handsome. Nama tersebut Jin sendiri yang mengatakannya, loh. PD banget, ya? Begitulah Jin, dia selalu menunjukkan rasa percaya dirinya yang tinggi. Dengan begitu, para A.R.M.Y pun jadi ikut-ikutan PD dan lebih cinta pada dirinya sendiri.

    Sudah author katakan di atas, kan, kalau Jin ini member BTS yang paling tua. Umur Jin sudah 28 tahun (usia Korea) atau 27 tahun (usia internasional). Karena Jin yang paling dewasa, sejak dulu bahkan sebelum BTS debut, Jin lah yang selalu mengurus rumah (dorm) dan juga para member. Fokus utama Jin pada waktu dulu adalah member yang masih pada sekolah, yaitu V, Jimin, dan Jungkook. Jin itu jago masak dan dia juga hobi melakukannya, jadi dia suka membuat bekal makan siang buat adik-adiknya bawa ke sekolah. Terus, Jin setiap harinya mengantarkan Jungkook ke sekolah. Bahkan Jungkook dikabarkan bisa putus sekolah (tidak meneruskan sekolah) kalau misalnya Jin tidak menyemangati Jungkook sedemikian rupa. Makanya, dulu Jin suka dipanggil eomma alias mama-nya BTS. Tapi, sekarang Jin sudah tidak suka dipanggil seperti itu lagi, jadi mari kita panggil dia papa-nya BTS saja, hehe. Jin itu cocok banget jadi papanya anak-anak. Pertanyaannya, anak siapa? Tentu saja member BTS dan anak-anak kandungnya Jin di masa depan (emot ketawa sambil nangis).

    Jin itu hobi banget makan, karena setelah jadi trainee di Big Hit dia tidak bisa sering makan masakan ibunya, jadi dia masak sendiri, deh. Dan, masakannya tuh enak-enak. Saking doyan makan, Jin punya kolom sendiri di channel YouTube resmi BTS yang bernama “Eat Jin.” Cowok yang lahir di Gwacheon, Gyeonggi-do, pada tanggal 4 Desember 1992 ini merupakan member BTS yang tertinggi kedua setelah RM. Walaupun merupakan yang paling tua, bisa dibilang mental Jin itu lebih seperti maknae (termuda) daripada hyung (kakak). Dia suka main game yang unyu-unyu, terus takut akan banyak hal, cerewet, suka bertingkah konyol, dan lain sebagainya. Jin juga dijuluki ahjae (om-om) karena suka nge-jokes garing kayak bapak-bapak.

    Jin dan RM adalah black hole-nya BTS dalam bidang menari. Dibandingkan kelima member lainnya, Jin dan RM paling susah nangkep kalau diajarin koreografi. Tapi, sekarang kemampuan RM dan Jin dalam menari sudah meningkat drastis, loh. Momen yang membuat author suka sama Jin adalah ketika di acara reality show “Rookie King” Jin menunjukkan sisi lembutnya. Jadi, member BTS di-prank sama kru acara untuk unjuk kebolehan di dalam lift, padahal nanti ada seorang cewek yang sedang menangis masuk juga ke lift.
  3. Fakta Suga
    Setelah Jin, Suga adalah member yang tertua. Suga lahir pada 9 Maret 1993. Suga termasuk member yang terpendek di BTS, tingginya cuma 174 cm. Walaupun segitu juga sudah termasuk jangkung di Indonesia, ya. Walaupun penampilannya mirip cowok cantik (kaki jenjang, kulit putih, bibir pink, wajah mungil, dan badan kurus), Suga ini garang banget, loh! Tidak percaya? Nih, tonton video klip Suga yang berjudul “Give It To Me” dalam album mixtape-nya “Agust D.”. Keluarga Suga terdiri dari ayah, ibu, dan kakak laki-laki. Sifat Suga itu dingin-dingin-ngangenin. Dia nampak seperti tidak peduli terhadap orang lain, padahal dia peduli dengan caranya sendiri. Menurut Suga, dia jadi begini karena ayahnya juga bersikap seperti itu pada keluarganya. Menurut Suga, sikap ayahnya yang diam-diam care itu terlihat sangat keren. Balik lagi ke kegarangan Suga sebagai Agust D (name stage-nya dalam proyek solo Suga). Walaupun dia nampak misterius dan senggol dikit bacok, Suga itu orang yang sangat kalem. Sebenarnya dia lebih cocok dibilang pemalas karena alasan dia tidak banyak omong dan gerak itu karena dia malas, hahaha. Saking malas gerak, Suga pernah tidur selama 20 jam ketika BTS sedang libur.

    Walaupun suka malas-malasan, Suga ini pekerja keras, loh. Malah, Suga cenderung workaholic. Kalau dia sudah bikin lagu di studionya, beuh, tidak akan ada yang bisa ganggu, deh! Saking tidak mau diganggunya, Suga memasang dua pintu (satu dengan pass code dan lapisan satu lagi menggunakan kunci biasa), gorden hitam, dan juga menyimpan keset bertuliskan “Pergi, sana” Hahaha. Memang, Suga ini sangat savage dan sarkastik. Tapi, di situlah daya tariknya. Karena suka ketenangan, dari awal BTS tinggal bersama (masa trainee) sampai sekarang, Suga tidur di kamar yang sama dengan Jin. Kenapa? Karena cuma Jin yang lumayan agak waras, eh, tenang maksudnya, kalau bersama dengan maknae line (V, Jimin, Jungkook), Jin itu berisik banget. Tapi, kalau sudah sama Suga, keluar deh mode dewasanya Jin. Makanya Suga dan Jin itu cocok banget dan telah menjadi eternal roommate.
  4. Fakta J-Hope
    Di fakta Personil BTS selanjutnya author akan membahas J-Hope. Huruf “J” atas nama panggungnya diambil dari nama aslinya, yaitu Jung Hoseok (정호석). J-Hope termasuk ke dalam hyung line (member yang lebih tua) bersama dengan Jin, Suga, dan RM, karena J-Hope merupakan kelahiran ’94. Posisi J-Hope di BTS adalah sebagai lead rapper, main dancer, dan sub vocalist. Karena punya banyak talenta (bisa nge-rap tapi bisa nyanyi juga, terus nge-dance-nya jago banget), J-Hope dijuluki Golden Hyung. Kalau Golden Maknae, kan, julukannya Jungkook, hihi. J-Hope itu rapper, ya, jadi pastinya garang banget kayak Suga. Tapi, ternyata dia juga merupakan mood maker-nya BTS. Dia itu suka banget ngelucu dan melakukan aegyo. Makanya dia suka dipanggil sebagai Sunshine, karena kepribadiannya secerah mentari. Baru beberapa minggu yang lalu J-Hope merilis mixtape-nya menyusul RM dan Suga yang sudah merilis album proyek solo mereka terlebih dahulu. Berbeda dengan mixtape RM yang cenderung hiphop dan mixtape Suga yang dark banget, mixtape J-Hope lebih playfull dan full colour. Hobi—sapaan hangat J-Hope—membuat mixtape-nya di studio miliknya sendiri yang bernama sama seperti album proyek solonya, yaitu Hope World. Kalau nama studio milik RM namanya Mon Studio dan milik Suga bernama Genius Lab.

    J-Hope merupakan yang terbaik di BTS dalam urusan menari. Wajar saja, karena Jung Hoseok sudah belajar menari sejak kecil. Saking hebatnya J-Hope, dia pernah berkolaborasi dalam lagu JoKwon 2AM yang berjudul “Animal“ sebagai rapper dan juga dancer. Padahal waktu itu J-Hope belum debut, loh! J-Hope juga pernah menari dan bernyanyi sendiri sebagai comback trailer BTS di album “Wings.” Duh, hebat banget, kan, uri Hobi? Kalau melihat J-Hope menari jadi suka mikir, dia ini punya tulang tidak, ya. Badannya luwes banget, sih. Fakta Personil BTS J-Hope yang unik adalah, dia merupakan satu-satunya member yang tidak punya tindikan di telinga. Kata J-Hope, ayahnya adalah seorang guru, jadi dia takut dimarahi ayahnya kalau telinganya ditindik. So sweet banget, sih~
  5. Fakta Jimin
    Member BTS selanjutnya yang mau author bahas adalah Jimin. Degem alias dedek gemes yang satu ini punya nama lengkap Park Jimin (박지민). Dulu, Jimin sempat ditawari beberapa nama panggung seperti Baby G dan beberapa nama lainnya. Tapi, Jimin lebih suka nama aslinya, jadi name stage dia tetap “Jimin.” Posisi Jimin di BTS adalah sebagai lead vocalist dan main dancer bersama dengan J-Hope. Usia Jimin sekarang 24 tahun (usia Korea), ulang tahunnya jatuh pada tanggal 13 Oktober 1995. Jimin punya “kembaran” di BTS yang ulang tahunnya berada di tahun yang sama, yaitu V yang akan author bahas setelah Jimin. Walaupun seusia, tinggi badan Jimin dan V jomplang banget (ampuni noona, dek Jimin!). V termasuk member BTS yang tinggi (179 cm) sedangkan tinggi Jimin adalah 173.6 cm. Jari-jari tangan Jimin juga buntet banget, hampir seukuran dengan jari cewek. Makanya dia suka digodain sama member lainnya, tuh. Kasihan, ya, Jimin. Akan tetapi, cowok asal Busan ini tidak pernah ngambek.

    Memang, Jimin itu baik banget. Saking baiknya, dia dijuluki angel oleh member BTS maupun oleh fans. Eh, tapi kata V sekalinya Jimin marah tuh nyeremin banget, loh! Kalau orang baik marah memang lebih serem, ya. Fakta Personil BTS Jimin dia itu loyal banget. Jimin suka banget neraktir teman-teman BTS jajan es krim atau beliin minum ketika mereka selesai latihan sewaktu masih masa trainee. Dan, sifat Jimin yang loyal ini tidak berubah sampai sekarang, justru semakin menjadi-jadi. Dia yang memulai tradisi tukar kado antar member setiap ulang tahun. Dan, kado yang member beri untuk satu sama lain tidak pernah murah, rata-rata di atas $1000, Wow! Kembali lagi ke posisi Jimin di BTS. Dia itu lead vocal dengan spesialisasi nada tinggi. Hampir di setiap lagu BTS yang ada nada tingginya pasti dikasih ke Jimin. Suaranya memang lembut dan pas banget untuk high note. Selain vokal, Jimin juga berada di dance line bersama dengan J-Hope dan Jungkook. Walaupun sama-sama berada di dance line, tarian Jimin lebih kepada kontemporer, jadi soul-nya beda banget sama J-Hope dan Jungkook yang lebih up beat. Makanya, dulu Jimin latihan sangat keras untuk bisa debut dengan BTS. Secara, tarian BTS itu kan hip hop banget. Tapi, dengan kerja kerasnya, sekarang Jimin menjadi member BTS yang sangat populer.
  6. Fakta V
    V. Namanya singkat banget, ya? Sebenarnya nama asli V itu panjang, kok, yaitu Kim Taehyung (김태형). Dia diberi nama panggung oleh Bang Sihyuk (CEO Big Hit Entertainment) yang menggambarkan victory alias kemenangan, makanya sekarang name stage Taehyung adalah V (뷔). Sama seperti Jin dan Jimin, V adalah seorang vokalis. Dia juga menempati posisi visual ke-2 setelah Jin. Memang, V itu ganteng banget, sih. Kalau Jin itu si ganteng versi oppa, V adalah si ganteng dari BTS versi dongsaeng (adik dalam bahasa Korea) karena dia termasuk member termuda. V lahir di Daegu pada 30 Desember 1995.

    Harusnya V bisa dibilang line ’96 soalnya besoknya sudah tahun baru, kan, hihi. Walaupun di BTS dia menjadi yang ke-2 termuda, kalau di rumahnya V itu seorang kakak, loh! V punya satu adik perempuan dan satu adik laki-laki. Pesona V terletak pada sifatnya yang 4D. Apa itu sifat 4D? Jadi, seolah-olah V itu bukan berasal dari dunia yang sama dengan kita, karena pola pikirnya unik banget. Tapi, kalau menurut author, sih, V itu tidak aneh, malah jenius. Kelakuannya memang out of the box, terus kalau ngomong suka balelol, tapi dia itu cerdas. Setiap kali BTS main game, dia selalu punya caranya sendiri untuk menang. Walau kadang jatuhnya jadi curang, haha. Tahukah kamu kalau V dulu bercita-cita mau jadi petani? Hal ini dikarenakan dia dulu suka diurus neneknya, dan neneknya itu bertani. Ketika di kampungnya dulu di Geochang, V tidak pernah bermimpi dia akan menjadi penyanyi sukses seperti sekarang, walaupun minatnya dalam bermusik sudah ada sejak kecil. Dibuktikan dari latihan sexophone yang dia tekuni selama 3 tahun di bangku SMP. Kenapa V bisa berakhir di BTS adalah, waktu itu semacam ada audisi keliling yang diadakan Big Hit Entertainment di kotanya V.

    Tadinya dia cuma mau nganterin temennya audisi, eh, temennya gagal, terus malah dia yang diterima. Memang, nasib tidak ada yang tahu, ya. Tapi, V pernah sedih banget, nih, waktu masa-masa trainee. Soalnya, dia itu merupakan hidden member. Sebenarnya ini seperti trik marketing, beberapa idol group lainnya juga pernah melakukan hal seperti ini. Jadi, ketika Big Hit sudah mengumumkan keenam member calon personil BTS, V tidak ikut diperkenalkan. V juga tidak bisa mengatakan kepada siapa-siapa selain keluarganya kalau dia akan debut, soalnya dia bakal jadi “kejutan” dari BTS. Tapi, setelah foto teaser debut V di-upload, dia langsung mendapatkan lima fan club personal, loh! Baru-baru ini, V mengadopsi seekor teacup puppy alias pomeranian yang diberi nama Yeontan. V sering mengabadikan momennya bersama Yeontan di media sosial. V juga belum lama ini dinobatkan sebagai juara pertama dalam The 100 Most Handsome Faces of 2017 versi TC Candler! Bangga banget punya V di BTS, ya.
  7. Fakta Jungkook
    Nama panggung Jungkook diambil dari nama aslinya, yaitu Jeon Jeong-guk/Jungkook (전정국). Jungkook merupakan maknae (paling kecil) di BTS. Perbedaan usia Jungkook dengan member yang paling tua, yaitu Jin, adalah lima tahun. Tanggal lahir Jungkook berdekatan dengan RM, yaitu di bulan September tanggal 1 tahun 1997. Si bungsu ini punya julukan, yaitu Golden Maknae. Maksudnya adalah, dia memang yang paling muda, tapi dia bisa melakukan semuanya dengan baik. Makanya Jungkook disamakan dengan emas. Bayangkan saja, posisi Jungkook di BTS adalah sebagai main vocalist, lead dancer, sub rapper, sekaligus center (member yang paling disorot). Selain dalam bidang musik, Jungkook itu hebat dalam urusan fisik. Dia suka banget ngebentuk tubuhnya, makanya dia rutin nge-gym. Terus, sebelum debut, Jungkook itu seorang pemain olahraga handball. Jungkook juga suka tantangan, makanya dia tidak pernah takut ketika disuruh main game, bungee jumping, menyentuh benda asing tanpa melihat, dan permain-permainan yang biasa ditujukan untuk idol lainnya.

    Hobi Jungkook adalah bermain online game, meng-cover lagu, menggambar, memotret, serta membuat video. Jungkook suka membagikan hasil fotonya di akun Twitter BTS di @BTS_twt. Jungkook juga telah membagikan video buatannya yang pertama di YouTube resmi anak BTS, yaitu Bangtan TV. Kalau multi talenta, sih, sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Tapi, ada satu watak Jungkook yang bikin geregetan banget. Jadi, Jungkook ini jahil sampai ke ubun-ubun. Dia suka banget gangguin hyung-hyungnya di BTS. Tapi, semua itu bukan karena Jungkook benci, justru Jungkook sayang banget sama semua member. Makanya, di lagu solo Jungkook yang berjudul “Begin” dia menceritakan betapa bersyukurnya dia bertemu ke-6 hyungnya. Sama seperti V, Jungkook juga dinobatkan dalam Top 100 Most Handsome Faces of 2017 oleh TC Candler. Posisi Jungkook ada di nomor 13.

    Walaupun ganteng, Jungkook tidak pernah memanfaatkan wajah tampannya untuk menggaet cewek. Pernah suatu ketika Jungkook ditanya fan, “Kalau bertemu cewek cantik di sekolah, apa yang kamu lakukan?” dan jawaban Jungkook adalah “Lewati saja” hahaha.

Terima kasih telah membaca.

Comments

Popular posts from this blog

13 Fakta Unik Pinguin

10 Fakta Unik Matematika

60 Fakta Unik Hewan